5 Cara mudah hidup sehat dan 2 kebiasaan yang buruk bagi kesehatan

<script async src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script>
<script>
  (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({
    google_ad_client: "ca-pub-5335737769285399",
    enable_page_level_ads: true
  });
</script> Kesehatan
adalah keadaan sejahtera dari badan, jiwa, dan sosial yang memungkinkan setiap orang hidup produktif secara sosial, dan ekonomis. Semua orang pasti menginginkan tubuh yang sehat dan jika menginginkan tubuh yang sehat tentunya harus menerapkan hidup sehat sehari-hari. Jika kalian orang yang malas pusing dengan kesehatan diri sendiri sebaik nya hilangkanlah pemikiran seperti itu karena sesungguh nya kesehatan itu sangatlah penting. Nah.. Bagi kalian yang ingin mulai menerapkan hidup sehat sehari-hari mari kita mulai dengan :

1. BANGUN TIDUR LEBIH AWAL
  Bangun pagi membuat manusia lebih konsisten dengan siklus jam biologisnya. Bangun lebih awal mungkin tidak langsung menyebabkan adanya perbaikan kesehatan, tapi dapat membantu orang beradaptasi pada kebiasaan sehat yang dapat membantu meningkatkan kehidupan mereka secara keseluruhan. "Saya menemukan bahwa orang yang bangun pagi lebih mampu membuat pilihan hidup yang lebih sehat," kata Jeff Sanders, penulis buku The 5 AM Miracle. Maka dari itu jika ingin menerapkan hidup sehat harus di awali dengan bangun tidur pagi minimal jam 5.

2. MAKAN-MAKANAN YANG SEHAT
  Jangan menganggap sepele makanan sehari-hari. Kesehatan kita dimulai dari apa yang kita makan. Usahakanlah makan makanan yang alami. Makanan  terbaik bagi tubuh manusia adalah sayur-sayuran, buah-buahan, biji-bijian, kacang dan polongan, hindari makanan yang berlemak, gula pasir hanya boleh dikonsumsi dalam jumlah yang sangat sedikit. Sebagai tambahan makanlah dengan porsi sesuai kebutuhan dan usahakanlah makan pada jam yang teratur.
                    
3. OLAHRAGA DI PAGI HARI
 Seperti halnya makan, Olahraga merupakan kebutuhan hidup yang sifatnya periodik yang artinya olahraga sebagai alat untuk memelihara dan membina kesehatan yang tidak dapat ditinggalkan. Mulailah dengan pemanasan (WARM UP), lanjutkan ke joging ringan, jika itu belum cukup anda bisa mencari olahraga yang mudah di lakukan atau yang anda minati. saya sarankan untuk wanita yang malas keluar rumah anda bisa Senam Zumba dirumah atau Yoga.

4. PERBANYAK MINUM AIR PUTIH
  Untuk menjaga kesehatan, normal wajib mengkonsumsi air putih minimal 2 liter sehari atau 8 gelas sehari. Manfaat memperbanyak minum air putih : Memperlancar sistem pencernaan, Melembabkan kulit dan Menyehatkan Kulit, Menyehatkan Jantung, dan masih banyak lagi manfaat yang kita dapatkan dari meminum air putih.

5. BERIBADAH
  Secara psikis, ibadah sangat cocok sebagai mediator dalam merileksasikan dan menentramkan kejiwaan.  Beribadah bisa mengembalikan pikiran dan stamina yang sudah terpakai karena kegiatan rutinitas sehari-hari, sehingga pikiran menjadi normal kembali dan hati menjadi tenang, serta membuat manusia lebih bersemangat menjalankan kegiataan rutinitas sehari-hari.

Nah itu tadi 5 cara hidup sehat yang mudah yang anda bisa terapkan sehari hari.

Ini dia 2 hal kebiasan yang sangat sangat buruk bagi kesehatan dan  harus dihilangkan dalam kehidupan sehari hari:

1. ROKOK
  Telah banyak terbukti bahwa merokok sangat merugikan kesehatan, meningkatkan risiko terkena kanker paru-paru, kanker ginjal, kanker esophagus, serangan jantung, membuat kulit kusam, penuaan dini dan masih banyak lagi.– jika anda seorang perokok, berhentilah, bukan hanya demi kesehatan diri anda yang lebih baik, tetapi juga keluarga dan teman-teman anda.
Nah berikut ini tahapan jika anda berhenti merokok:

20 MENIT
Detak jantung Anda akan mulai menurun dan stabil ke tingkat normal.

2 JAM
Ujung-ujung jari tangan dan kaki Anda akan mulai terasa hangat akibat sirkulasi darah periferal yang memulih secara bertahap.
kadar karbon monoksida dalam tubuh akan mulai menurun dan tergantikan dengan oksigen.

8-12 JAM
Risiko serangan jantung yang selama ini menghantui Anda akan menurun secara bertahap.
Paru-paru Anda juga akan mulai melunturkan lendir dan zat-zat racun yang menempel menghalangi jalur pernapasan Anda.

24 JAM
Ujung-ujung saraf akan tumbuh kembali sehingga kedua indera tersebut akan bekerja seperti sedia kala.

3 HARI
Pada tahap ini, seluruh kadar nikotin yang tersisa dalam tubuh Anda akan menghilang seluruhnya.

2-12 MINGGU
Setelah berminggu-minggu lepas dari cengkeraman nikotin, kini Anda bisa berolahraga atau melakukan rutinitas fisik lainnya tanpa perlu merasa sakit dan kecapekan. Pemulihan tenaga ini disebabkan oleh proses regeneratif tubuh yang mulai aktif kembali. Fungsi paru dan pernapasan Anda juga akan mulai membaik.

3-9 BULAN
Berbulan-bulan setelah Anda bebas rokok, kesehatan tubuh Anda akan semakin meningkat. Batuk-batuk, suara mengi, dan kesulitan bernapas akibat merokok yang selama ini Anda keluhkan akan perlahan menghilang seiring dengan proses regeneratif paru-paru Anda.

1 TAHUN
Fase ini merupakan batu loncatan yang sangat monumental untuk Anda. risiko berbagai penyakit jantung (jantung koroner, angina, stroke) akan menurun drastis hingga 50% jika dibandingkan saat Anda masih merokok.

Nah tunggu apalagi segerahlah berhenti merokok demi kesehatan anda!

2. ALKOHOL
 Minuman yang dianggap bisa menenangkan jiwa ini menyimpan banyak bahaya bagi tubuh jika diminum melebihi kadar sehat, terutama organ hati kita . Selain penyakit hati, alkohol juga bisa menyebabkan kondisi-kondisi lainnya seperti:
  • Masalah pencernaan.
  • Asam Urat Yang Tinggi
  • Kanker.
  • Anemia.
  • Penyakit jantung.
  • Epilepsi.
  • Demensia.
  • Komplikasi diabetes.
  • Gangguan pada mata.
  • Disfungsi ereksi.
  • Osteoporosis.
  • Sistem kekebalan tubuh melemah.

    Efek buruk tidak hanya terjadi pada pengonsumsi, janin pada kandungan juga dapat terkena dampaknya. Ibu hamil yang mengonsumsi minuman mengandung alkohol berisiko melahirkan bayi berkeadaan cacat. Maka dari itu ayo stop meminum minuman yang beralkohol demi kebaikan diri sendiri.
    <script async src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script>
    <script>
      (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({
        google_ad_client: "ca-pub-5335737769285399",
        enable_page_level_ads: true
      });
    </script>

Komentar